Kamis, 13 Juni 2013

Dasar Pemikiran Politik Strategi Nasional

        Dasar pemikiran dalam penyusunan politik dan strategi nasional harus memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam sistem ideologi Pancasila, UUD 1945, Wawasan Nusantara, dan Ketahanan Nasional.Landasan pemikiran dalam sistem ideologi ini sangat penting sebagai kerangka acuan dalam penyusunan politik dan strategi nasional,karena didalamnya terkandung dasar negara,cita-cita, tujuan nasional,dan konsep strategis bangsa Indonesia.

         Dalam isi pembukaan UUD 45 yang berlandaskan pada Pancasila menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara ideology yang selalu menjunjung tinggi nilai nilai luhur yang sudah diwariskan secara turun temurun yaitu selalu berpegang pada agama. Pengetahuan akan wawasan nusantara merupakan salah satu landasan pemikiran yang cukup berpengaruh dalam penentuan politik dan straregi nasional dalam pengambilan keputusan karena tidak semua peraturan yang ada dapat berlaku di tempat lain. Maka dari itu peraturan dan pengambilan keputusan dapat di sesuaikan dengan keadaan dan situasional di suatu tempat.
      Ketahanan nasional, ketahanan pangan, serta pertahanan dan keamanan nasional merupakan pemikiran yang tidak boleh dilupakan dalam politik dan strategi nasional. Ketahanan pangan merupakan strategi dalam mensejahterakan kebutuhan masyarakat suatu Negara, pertahanan dan keamanan suatu Negara sendiri adalah hal mutlak yang tidak boleh ditawar. Pertahanan dan keamanan adalah suatu hal yang harus ada dan juga mutlak dalam perbelakuannya dikarenakan Negara yang mandiri adalah Negara yang dapat tegas dan mampu bertahan dalam situasi apapun.

0 komentar:

Posting Komentar